Saya bukan perokok, kenapa terkena kanker paru

16386952_10154969122018158_2764666085602744955_nSaat ini kanker paru masih merupakan “pembunuh” tertinggi diantara seluruh kanker yang ada saat ini. Penyebab kematian ini no.1 bukan hanya terjadi pada penderita kanker paru yang laki-laki saja tetapi juga pada yang perempuan. Lho..perempuan..emangnya perempuan banyak perokok..celetuk seseorang. Memang saat ini kanker paru bukan lagi identik penyakit laki-laki tetapi banyak juga ditemukan pada perempuan. Disamping itu kanker paru banyak juga diderita oleh orang-orang tidak pernah merokok..lho kok bisa?. Diperkirakan hampir 10-20% penderita kanker paru ini merupakan orang yang tidak merokok. Meskipun sebagian besar kanker paru terjadi pada perokok (Ingat ya!). Lalu kenapa seorang yang bukan perokok bisa menderita kanker paru?..Kanker paru bersifat multifaktor sehingga faktor risiko kanker paru pun sangat banyak. Diantara penyebab yang bisa menjadi faktor risiko seseorang yang bukan perokok bisa menderita kanker paru adalah PEROKOK PASIF. Sehingga meskipun seseorang tidak pernah “meletakan batang rokok di bibirnya tetapi masih beresiko menghirup lebih dari 70 macam karsinogenik yang dihembuskan oleh orang sekitarnya. Selain itu kondisi “thirdhand smoke” pun beresiko. Apa itu thirdhand smoke? yaitu sisa-sisa zat karsinogenik yang tertinggal pada benda-benda sekitar perokok yang bisa menyebabkan kesakitan pada orang disekitarnya. Sebagai contoh seorang ayah yang merokok diluar rumah maka dapat menjadi “sumber” penyakit bagi anak-anaknya saat si anak mendekati ayahnya karena terdapat zat bekas rokok pada baju atau tangan si ayah. Jadi sekali kali segera berjanji jadikan rumah atau lingkungan sekitar sebagai TOBACCO FREE ZONE.
Penyebab lain kanker paru pada bukan perokok adalah radon yaitu gas yang banyak terdapat di tanah atau bebatuan. Gas Radon ini tidak bisa di lihat atau di baui maka penting untuk mengetahui apakah lingkungan rumah kita mempunyai kandungan radon tinggi atau tidak.
Faktor risiko lain adalah pada seseorang yang banyak menghirup gas polutan, gas buangan kendaraan bermotor, gas buangan pabrik yang diduga menyebabkan kerusakan DNA seseorang sehingga terjadi perubahan perilaku sel tubuh akibatnya menjadi sel kanker.
Asbes juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker paru. Asbes merupakan suatu mineral yang banyak terdapat pada pipa-pipa termasuk plafon.
Faktor penyebab lain penyebab kanker paru pada bukan perokok diduga terkait dengan banyak makanan yang mengandung karbohidrat/glukosa tinggi, walaupun dugaan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.
Tetapi faktor risiko yang tidak kalah pentingnya adalah genetik atau mutasi gen. Dari banyak laporan diketahui penderita kanker paru bukan perokok tersebut mempunyai lebih banyak memiliki mutasi gen. Dari data epidemiologi memperlihatkan mutasi gen banyak timbul pada kanker paru yang perempuan atau pada bukan perokok.
Sehingga yang terpenting adalah pencegahan dan melakukan pemeriksaan kesehatan berkala.#dokterparu#