Bagaimana Cara berhenti merokok

Banyak masyarakat sudah mengetahui bahwa merokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan dan hal tersebut sebenarnya sudah diketahui oleh banyak perokok. Tetapi karena faktor candu yang terdapat dalam rokoklah salah satunya maka berhenti merokok bagi banyak orang sangat sulit.
Dari banyak penelitian diketahui bahwa faktor candu/addictive pada rokok disebabkan oleh kandungan nikotin. Saat menghisap rokok, nikotin akan masuk pada alveoli paru kemudian diabsorbsi dipembuluh darah paru dan kemudian bersirkulasi. Nikotin dapat mencapai otak dalam waktu 7 detik setelah inhalasi saat merokok. Dan ini lebih cepat 2x dibanding suntikan heroin ke vena darah. Sekali nikotin mencapai otak maka zat dapat mempengaruhi bagian otak yang berperanan pada perasaan senang/mood dan hal ini akan terus berlanjut sehingga si perokok merasakan ketagihan akan nikotin tersebut. Sehingga sekali lagi karena pengaruh nikotin inilah maka berhenti merokok bukanlah sesuatu yang mudah.
Untuk itu berbagai cara diupayakan untuk membantu perokok untuk berhenti merokok. Salah satunya adalah dengan cara “Nicotine replacement therapy”. Hal ini didasari dari permasalahan ketagihan yang dihadapi oleh perokok tersebut. Nicotine replacement therapy adalah suatu cara untuk mengganti nikotin yang terdapat di rokok dengan alternatif lain berupa gum, patch (tempelan), nasal spray dan inhalers. Sehingga dengan alternatif nikotin tersebut maka “withdraw effect” karena berhenti merokok dapat dihindari. Tapi tentu saja dengan waktu tertentu dilakukan penurunan kadar nikotin dari pengganti rokok tersebut.
Upaya lain berupa obat Bupropion yang mempunyai efek yang mirip nikotin diotak. Dan bupropion ini sudah tersedia secara komersial dipasaran tetapi tentu saja diharapkan pemakaiannya berdasarkan rekomendasi dokter paru.
Alternatif lain untuk berhenti merokok adalah
1. Nicotine blocking vaccine yang menghambat masuknya nikotin ke otak
2. anti smoking mouthwash, sehingga akan terasa tidak enak dimulut setelah merokok
3. methoxsalen, suatu obat yang dapat menghambat enzyme yang memetabolis nikotin di tubuh sehingga kadar nikotin tetap tinggi di darah.

Tapi hal diatas hanyalah upaya secara medis/physical. Hal lain terpenting adalah keinginan dari perokok karena tanpa itu berhenti merokok sangatlah mustahil. Berhenti merokok merupakan upaya yang multi sektoral baik perokok, pemerintah, medis dan sektor terkait lainnya. Maka dari itu mari kita upayakan bersama!!!

5774866