Magnesium sulfat sebagai terapi pada asma akut berat (asma mengancam jiwa)

MgSO4Saat ini sudah menjadi tatalaksana yang umum bahwa dalam pengobatan asma akut digunakan obat-obatan jenis beta2 agonis dan kortokosteroid sistemik atau inhalasi. Pada berbagai tatalaksana asma yang dikeluarkan oleh berbagai respiratory society yang menjadi acuan seperti American Thoracic Society (ATS), British thoracic society (BTS) ataupun European Thoracic Society (ERS), telah ditetapkan kedua jenis obat tersebut menjadi lini pertama untuk kasus akut asma. Tetapi perlu diketahui bahwa untuk kasus severe acute asthma ataupun pasien dengan serangan akut asma yang tidak dapat diatasi dengan beta2 agonis dan kortikosteroid maka magnesium sulphat dapat menjadi adjunct (tambahan) untuk mengatasi kondisi asma akut berat.

Magnesium dalam tubuh merupakan kation nomor 4 terbanyak dan merupakan kedua terbanyak dalam cairan intraselular. Sehingga dapat dipastikan bahwa magnesium sangat berperanan dalam berbagai proses metabolisme tubuh. Pada berbagai penelitian diketahui bahwa pada asma mempunyai mekanisme :

  1. Magnesium menimbulkan relaksasi otot polos bronkial
  2. Magnesium menurunkan produksi superoksida radikal bebas sehingga diduga mempunyai efek antiinflamasi
  3. Magnesium menurunkan produksi neurotransmitter sehingga menghilangkan depolarisasi pada otot
  4. Diduga magnesium meningkatkan sensitifitas Beta adrenergik sehingga meningkatkan respon obat Beta2 agonist
  5. Mempengaruhi kerja kalsium yang penting dalam kontraksi otot polos

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui efek magnesium pada asma. Tetapi sampai saat ini diketahui magnesium banyak mempunyai efek pengobatan pada asma akut berat.

Bagi para dokter terutama dokter paru, bagaimana cara pemberian magnesium? Sebuah clinical trial memperlihatkan efek magnesium sulfat saat diberikan dengan dosis 2 gram dalam 50-100 Normal saline atau D5W dalam jangka waktu lebih dari 10 menit. Perlu diingat bahwa obat ini dapat memberikan efek samping berupa flushing, lethargy, nausea, vomitus dan seperti terbakar pada jalur pembuluh darah yang dilewati magnesium sulfat.